Menu

Tuesday, June 15, 2010

Manajemen Waktu


Manajemen waktu tingkatkan kualitas hidup dan hindarkan stress.
1. Tetapkan sasaran dengan jelas.
Buatlah rencana rinci dan pastikan kamu paham bagaimana cara mencapainya. Tanpa kejelasan dan rincian maka anda akan mengalami kegagalan.
2. Uraikan sasaran dan tetapkan prioritas anda.
Ingatlah fakta ini “sasaran adalh jumlah dari berbagai tugas!” oleh karena itu, untuk mencapai sasaran, kamu harus menguraikannya menjadi beberapa tugas.
Prioritaskan mana tugas yang lebih penting ke tugas yang kurang penting. Jika semua tugas penting maka buatlah urutan dari tugas yang paling mudah ke yang susah.
3. Tinjau kembali prioritas kamu.
Perlu diketahui bahwa ‘life will never be the same. Life is changing’. Sangat tidak mungkin meramalkan apa yang akan terjadi. Setiap hari hendaknya kamu susun daftar prioritas lalu tinjau ulang sesuai kemajuan selama ini.
4. Periksalah kemajuan kamu.
Selalu periksa di akhir hari, sampai di mana kamu berhasil mengelola waktu. Lihat daftar prioritas, mana yang paling akurat.
5. Organisasikan diri.
Pastikan kamu punya ketrampilan organisasional yang memadai. Kembangkan ketrampilan.

Sentuh dan bacalah catatan kamu, jangan diletakkan di meja karena meja bukan tempat terakhir untuk catatan. Apakah catatan akan disimpan atau dibuang.

Kalo ada gangguan, tanggapi dengan positif. Apa peran kita dalam gangguan itu. Lalu kaji prioritasnya.

Telpon atau sms juga harus diprioritaskan, apakah itu penting atau tidak, jika tidak lebih baik tidak usah telpon atau sms karena akan mengganggu konsentrasi belajar.

No comments:

Post a Comment

Thanks for your critics,,